Syarat untuk Menjadi Peselam


Saat pertama melihat peselam atau diver menyelam di lautan yang dipenuhi terumbu karang, kalian mungkin menjadi tertarik.

 ‘Wow, asyiknya bisa melihat kehidupan bawah laut!’ ungkap kalian.

Apalagi ketika ikan-ikan berseliweran di sekelilingnya dan tampak tidak terganggu dengan kehadiran penyelam.

Tapi, tahukah kalian bagaimana perjuangan menjadi seorang penyelam?

Inilah syarat-syarat awal yang harus dimiliki calon penyelam sebelum mengikuti materi selam dasar:1.       Berenang (gaya bebas) 200 m nonstop
2.       Berenang 12 m di bawah air (gaya katak) atau apnea
3.       10 menit mengayuh di permukaan air tanpa bantuan alat atau water trapen

Setelah kemampuan ini dimiliki, baru deh ikut Program Kursus dan Latihan Jenjang 1 Star SCUBA Diver POSSI.  Biaya kursus ini biasanya lumayan mahal, antara 4-5 juta. Cara lainnya adalah ikut organisasi selam di universitas. Salah satunya adalah  UKSA387 Universitas Diponegoro dan di Fakultas Perikanan dan Kelautannya sendiri ada) MDC (Marine Diving Club), dan  REDFISH. Mereka biasanya membuka Open Recruitment untuk penambahan anggota baru setiap tahunnya. Kalau kalian tertarik, bisa coba nih daftar^^

Biasanya dalam rangkaian rekrutmen ini, yang mendaftar banyak hingga seratusan. Tapi karena seleksi alam, pada tahap-tahap selanjutnya peserta berkurang drastis. Entah karena sakit, capek dengan latihan yang berat, atau merasa tak sanggup karena belum ada progres di kemampuan dasar (berenang 200m, apnea, dan water trapen). Nah, makanya sebelum  ikut kursus atau rekrutment selam, persiapkan niat kalian. Tujuan kalian ikut selam ini apa sih? Karena niat dan motivasi diri ini penting. Seberapa besar niat dan tujuan kamu, semakin besar keinginan kamu untuk mencapai keberhasilan menjadi seorang peselam.

Kemudian, belajar kemampuan dasar dengan sungguh-sungguh dari sekarang sebelum mendaftar. Hal ini agar kalian nggak kaget saat menjalani rangkaiannya. Mereka memang tidak mensyaratkan bisa berenang terlebih dahulu, dan mereka akan mengajari kalian dari awal. Namun, jika pada saat rangkaian kalian tidak menunjukkan progress, hal ini bisa menjadi masalah buat kalian, teman-teman peserta rekrutmen, dan tentunya panitia.

Ok, guys... semangat menjalani hari. Ada banyak misteri di kehidupan kita, salah satunya dunia bawah laut. Mau coba? (DZ)

Lihat juga 
PAP , LKKLPT


Comments

Popular Posts