QnA Teknologi Hasil Perikanan Undip

Hai guys, ini hari ramadhan ke 8 di tahun 2020. Aku mau recall my memories-

Aku masuk jurusan perikanan, program studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) Universitas Diponegoro tahun 2012, lewat ujian SNMPTN Tulis atau sekarang disebut SBMPTN. Waktu itu belum kenal UKT atau uang kuliah tunggal. Harga uang masuk untuk prodi ini kurang lebih 12 juta, dan spp tiap bulan plus praktikum per semester 1,25 juta. Termasuk biaya yang terjangkau, kalau sekarang dibandingin sama biaya kuliah adik-adikku, biaya ini paling murah :D

Kenapa sih waktu itu pilih jurusan THP?
Sebenarnya ini bukan jurusan pertama yang aku pilih. Tapi alhamdulillah, ternyata ini yang terbaik. 
1. aku mau belajar teknologi pangan, ternyata jalurku di bidang pengolahan perikanan. Ngga beda jauh kan... 
2. aku suka jalan-jalan, tapi mager keluar rumah kalau ngga ada temen. Di jurusan teknologi hasil perikanan, kita banyak ke pantai buat praktikum sekaligus refreshing bareng temen-temen.
3. aku suka renang, tapi ngga tau cara berenang yang bener gimana. Jurusan perikanan mewajibkan mahasiswanya harus bisa renang lho. Masuk mata kuliah wajib lagi. Jadi, ya pasti ada asisten dosen yang ngajarin kita berenang. Bahkan untuk jurusan kelautan, mahasiswanya harus bisa selam.
4. aku suka berorganisasi, dan di fpik banyak banget Unit kegiatan mahasiswa yang menarik untuk diikuti. 
5. aku mau menciptakan lapangan kerja buat orang lain (idealis banget ya), nah di sini kita juga dapet mata kuliah kewirausahaan

Fyi, temen-temenku banyak yang ga kuat juga waktu kuliah di sini dan memutuskan untuk pindah jurusan dan ikut SNMPTN lagi, Salah satunya karena ga kuat dengan sistem perkuliahan dan praktikum yang ada. Tekanannya termasuk tinggi. Sebelas dua belas sama anak teknik. Nginep di kampus, begadang ngerjain laporan, sampai tau sifat temen-temen kita aslinya gimana dari pengalaman praktikum ini. Gelo sih kalau dipikir-pikir. 

But, semuanya juga selesai kok. Kalau ada tugas yang penting dikerjain bukan dikeluhkan. Latihan kita pas di kampus ini nyata banget berguna buat karirmu di masa depan. 

Akreditasi Teknologi Hasil Perikanan Undip?
Tahun 2013, aku ngerasain jadi perwakilan mahasiswa bersama empat orang lainnya dari senior buat diminta pendapatnya terkait jurusan ini sama asesor. Alhamdulillah THP Undip dapet A untuk tahun 2013-2018. Akreditasi BAN-PT ini diperpanjang tahun 2017, dan nilai A masih tetap dimiliki Tekonologi Hasil Perikanan Undip sampai tahun 2022. 

Mata kuliah yang paling berkesan saat S1 THP?
1. Biologi Umum
-ini first passion aku kuliah di Undip, soalnya kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di Undip itu ga cuma satu guys. Kita punya kampus lagi di Teluk Awur Jepara. Waktu itu kami masih bisa praktikum di sana selama 5 hari. Cerita lengkapnya, kamu juga bisa baca tulisanku di link ini .
2. Renang
Temen-temenku banyak juga yang ga bisa renang sebelumnya. Alhamdulillah setelah belajar, kita bisa juga kok :)
3. Diversifikasi dan Pengembangan Produk Hasil Perikanan
Ini materi keren banget, buat kita tau, oh makanan ikan itu bisa dibuat jadi macam-macam makanan dengan teknologinya masing-masing.
4. KKL (kuliah kerja lapangan)
ini sih banyakan jalan-jalannya daripada kuliah. hehehe. Ketika itu kami ke Surabaya, Bali, dan Lombok. 
5. Sanitasi Hygiene
Gara-gara Corona, masalah sanitasi dibahas terus setiap hari di media manapun. :D kalau produksi makanan, jelas ini menjadi yang pertama. Praktikum kami ke perusahaan pengolahan rajungan ekspor. 
6. HACCP (Hazard Analitical Critical Control Point)
baru sadar sekarang, bahwa sistem HACCP ini ga cuma ada di dunia pangan, tapi juga di dunia konstruksi. 
7. Pemasaran Hasil Perikanan
Baru tau istilah market place di sini.

Mata Kuliah yang dahulu diajarkan dan dirasakan mendukung pekerjaan / usaha saat ini?
Aku punya usaha Bandeng Duri Lunak Yummy
Sistemnya masih Industri Rumah Tangga, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Hampir semua materi THP mendukung usahaku saat ini yang bergerak di bidang perikanan. Di antaranya:
1. Teknologi Penanganan Hasil Perikanan
2. Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan Tradisional 
3. Diversifikasi Produk Hasil Perikanan
4. Sanitasi dan Hygiene
5. Pengemasan Hasil Perikanan
6. Teknologi Proses Thermal
7. Pengendalian Mutu Hasil Perikanan
8. Kewirausahaan
9. Pemasaran hasil perikanan
10. Food Additive
11. Tata Letak dan Perencanaan Pabrik
12. HACCP
13. Manajemen Industri Hasil Perikanan

Mata kuliah / Bahan Kajian yang perlu ditambahkan pada kurikulum THP?
Terkait bidang wirausaha, ada baiknya ditambah bahan kajian BMC (Business Model Canvas), digital marketing, legalitas produk, manajemen keuangan, dan manajemen sumber daya manusia. 

Apa sih kompetensi tambahan yang perlu dimiliki alumni THP?
food safety manajemen keamanan pangan berdasarkan ISO 22000: 2018, mengerti cara pakai alat-alat khusus di laboratorium (khususnya untuk kalian yang mau kerja di lab), dan public speaking. 
Bertanggung jawab, amanah, jujur, terus belajar, dan bisa bekerja dengan baik secara individu maupun tim. 

Bagaimana prospek kerja S1 Teknologi Hasil Perikanan?
Jawaban normatifnya adalah, berdasarkan jurusan ini, pertama kamu bisa kerja di perusahaan pengolahan makanan (food and beverage). Bisa sebagai quality control, manajemen bahan baku/ purchasing, atau manajemen pemasaran. Kedua kamu bisa bekerja sebagai laboran, baik di instansi swasta maupun pemerintah. Ketiga, kamu bisa jadi guru di SMK Perikanan. Keempat, bergabung dengan NGO bidang lingkungan dan perikanan. Kelima, bergabung menjadi pegawai negeri sipil di Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Perikanan dan Peternakan daerah. Keenam, Jadi asesor atau penguji BPOM, atau di MUI terkait kehalalan produk makanan. Ketujuh, menjadi wirausaha bidang perikanan. Kedelapan bekerja sesuai dengan hobby, atau bidang di luar jurusan seperti di bagian administrasi, asuransi, perbankan, konstruksi, guru swasta, retail (supermarket), bergabung dengan start up market place kekinian, dan lain-lain. Kesembilan, kamu bisa lanjut S2 dan S3 untuk menjadi dosen.

Ada saran?
Berdasarkan kenyataan, softskill teman-teman selama kuliah berguna banget buat meniti karir di masa depan. Jadi, selama kuliah manfaatkan betul-betul untuk belajar, membangun relasi dan jaringan, serta berorganisasi. Dengan berorganisasi, kita bisa belajar manajemen waktu, kepemimpinan, public speaking, negosiasi dan lobbying, serta manajemen sumber daya manusia dalam organisasi. Ini akan menjadi sedikiti gambaran sistem kerja perusahaan terkait dengan hubungan dengan orang lain dan bekerja sama secara tim. 

Kalau ada yang perlu dibahas lagi, silahkan bisa komen di bawah :) 
See you, semoga bermanfaat. Aamiin

Comments

Popular Posts