LKK (Latihan Keterampilan Kolam) di UKSA387


LKK di UKSA ada tiga hari. Kami mulai latihan dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore tanpa keterlambatan. Hal-hal yang dilakukan selama latihan adalah sebagai berikut:
1.       Pemanasan darat
è meregangkan otot kepala, tangan ( rentangkan tangan), kaki (cium lutut), perut(posisi 1;300,posisi2;600,posisi3;900), sit up, push up. Pemanasan ini berfungsi untuk mencegah kram saat latihan.
2.       Pemanasan air
è pemanasan air ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki calon penyelam. Kemampuan dasar  itu adalah:  berenang gaya bebas 200 m nonstop (pakai rolling),tahan nafas 1 menit, apnea, dan water trap
3.       Materi selam
è Masker clearing atau cara membersihkan masker dari air dan fogging
è Fin swimming (cara berenang pakai kaki katak) dengan sistem buddy.
è Tug and Dug Dive (untuk  tulisan ini penulis kurang yakin)-cara berenang untuk menghindari karang. Ada posisi 450 dan posisi 900, dengan awalan maupun tanpa awalan
è Sketch skin: cara memasang skin dive ( masker, snorkel, fins) dalam air. Sebenarnya materi ini tidak ada di POSSI. Namun, hal ini penting jika ada alat selam kita yang jatuh di air. Sketch skin juga melatih ketenangan kita dalam air serta berpikir jernih.
è Materi pengenalan alat-alat SCUBA secara nyata. Tambahan dari PAP. Di sini peserta akan belajar bagaimana memakai alat-alat SCUBA dengan benar serta mengetahui fungsi dari masing-masing alat.
è Mencoba SCUBA di kolam. Di sini peserta adaptasi dengan tabung oksigen, praktek hand signal, masker clearing, dan cara mengambil second stage apabila lepas dari mulut.  Selain itu, mengenal sistem buddy juga.
è Entry:    1. Giantstrap - cara masuk ke dalam air jika di pinggir kolam kurang lebih     ketinggian 2 meter
2.  Frontroll –cara masuk ke dalam air di pinggir kolam
3.  Backroll - cara masuk ke dalam air dari perahu

Syarat kelulusan adalah mendapat nilai 3 untuk setiap keterampilan pokok.
Materi ini selesai sampai Asar. Setelah shalat, adalah waktu dengan senior,games, dan motivasi.
Games: Lompat vampir,  gelombang air horizontal,  water trap di kolam 5 meter membuat lingkaran besar dengan center di tengah, dan mengenal suara buddy (posisi tutup mata).
Di hari terakhir, ada pelantikan LKK ditandai dengan lompat dari papan loncat ketinggian 15 meter. WOW!

Selain materi di atas, ada hal lain yang diselipkan kakak-kakak panitia dan senior, yaitu rasa kekeluargaan serta  belajar memahami arti ‘salah’ dan ‘keluarga’.  

Comments

Popular Posts