Ruang Bersyukur

Bersiaplah atas terkabulnya atas doa yang kita minta. Yang hanya tersirat hati, bahkan yang diucapkan.  Kadang manusia suka lupa, Allah udah kasih banyak, tapi manusianya hanya ingat doa yang belum diijabah. Padahal Allah udah bilang, 



Ini ruang bersyukur, supaya kita bisa lihat lagi Allah tuh MAHA BAIK. Di antara nikmat-nikmat yang sudah Allah kasih, bahkan bisa jadi kamu ngga nyangka :

1. Minta kursus ke luar negeri untuk belajar start up, Allah ngasih jalan ikut pelatihan dari Kemenpora, dapet modal buat usaha juga.

2. Minta Sekolah di IPB waktu S1 jurusan teknik sipil dan lingkungan, diterima IPB saat S2. Jurusannya pun mendukung buat pengembangan usaha. Sedangkan pekerjaan yang aku lakukan sekarang di bidang konstruksi. Aku ga  kuliah di jurusan teknik sipil, tapi bekerja di bidang jasa konstruksi. 

3. Waktu SMP-SMA pengen ikut klub renang, pengen belajar renang yang bener itu gimana. Tapi pas masuk seleksi klubnya ngga lolos. Jadi ya aku renang gitu gitu aja. Pas kuliah diterima jurusan perikanan, dan ada mata kuliah wajib renang. Trus aku juga bisa nyoba ngerasain diving meskipun masih di kolam, dan bisa ngerasain snorkeling di laut dengan tenang.  

4. Dari SD aku pengen banget ikut lomba cerdas cermat, olimpiade, atau apalah. Tapi pas seleksi, aku ngga lolos karena masih ada yang lebih pinter :D Seringnya gitu. Beberapa kali nyoba ikut seleksi klub matematika supaya bisa ikut lomba di SMP ga lolos juga. Sampai di mana sekolah butuh dua tim untuk ikut lomba LCT Eksaing se-Kabupaten kuningan. Aku dipilih masuk ke kelompok 2 sebagai kelompok cadangan yang sama sama ikut bertanding. Kelompok 1 kami anggotanya udah malang melintang di dunia perlombaan. Sekali ikut lomba, alhamdulillah kelompok 2 dapet juara 3, dan kelompok 1 kami juara 1 se-Kab Kuningan. 
Di SMA, aku masuk anggota pasukan khusus yang bisa ikut lomba baris berbaris. Alhamdulillah beberapa kali menyabet juara. Menang atau kalah, yang penting waktu SMA aku bisa sering keluar pondok :D Bisa sering hiking ke gunung Ciremai, camping, berendam di air panas, dan main di air terjun, macam liburan gratis. 

5. Pernah nulis mau cumlaude, Allah kabulkan dengan IPK 3,52 lebih dikit dari minimal 3,51 wkwkwk Alhamdulillah...

6. Bisa lulus dari pesantren. Wadah aku belajar segala hal ;) 6 tahun ga sebentar saudaraa... sedih, senang, hebatnya masih membekas. Aku hari ini adalah kumpulan pemahaman yang masih berusaha aku aplikasikan hingga kini. 

7. Menjadi Guru. Aku suka memberikan insight ke orang lain. Waktu SMA, aku jadi tutor bahasa selama 2 tahun. Tapi ,ada yang membuatku trauma ketika harus mengajar anak kecil ><  tiba-tiba insecure karena merasa ngga bisa buat anak kecil tertarik sama gaya komunikasi atau gaya pengajaran aku. Ga asik. Tapi sampai sekarang Allah masih ngasih aku kesempatan mengisi mentoring anak kuliah dan anak SMA, meskipun dalam kelompok kecil. 

8. Menerbitkan novel. Aku udah suka nulis dari SD. Beberapa kali ngirim tulisan pendek ke majalah, dan ngirim novel ke penerbit. Tapi untuk dikirimkan ke penerbit besar, tulisanku itu belum layak terbit. Belum ada pembeda dengan cerita lainnya yang sudah di pasaran. Dulu tuh pengen banget masuk ke kategori KKPK punyanya Dar Mizan, tapi ya sampai umur segini belum berhasil tembus penerbit besar dan masuk Gramedia. Akhirnya aku ambil jalur menerbitkan indie, judulnya Anak Pesisir, Pelaut, dan Perompak. Aku minta juga testimoni yang kira-kira sesuai sama novel tersebut. Pengusaha kapal, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, TNI AL, dan teman-teman penggerak komunitas. Terbit pertama tahun 2018 dengan cetakan 60 eksemplar. Tahun 2019 ada yang butuh novel tersebut untuk dibedah menjadi bahan utama skripsinya. Wah, ngebayang karya aku di bahas secara ilmiah aja aku ngga pernah :D Masya Allah.  Unik banget Alah ngasih caranya untuk bikin kita bahagia. 

9. Kehidupan aku sekarang kerja di Jakarta naik KRL, pulang setiap minggu sekali ke rumah, nge kos, masih bisa sambil kuliah S2. Dulu kamu pernah ngebayangin kehidupan ini kan? Waktu kamu keliling pagi-pagi buat ngiderin ikan bandeng. Ngeliat orang pagi-pagi udah rapi, udah cantik mau ke kantor naik kereta. Masya Allah, aku bisa ngerasain itu juga selama tiga tahun ini. Tau rasanya kerja di kantor dengan rekan kerja yang overall baik, dapet gaji bulanan, tau rasanya pas sakit tapi tetep dipaksa kerja dan megang laptop ;(, tau rasanya nginep di kantor, tau rasanya kerjasama dengan orang-orang BUMN, tau rasanya kerjasama dengan pekerja yang ada di lapangan. 

Bahkan masa pengangguran aku selama 7 bulan setelah kerja satu tahun di Semarang bisa aku rasakan  sebagai kesempatan dari Allah untuk aku fokus ke pelatihan Kemenpora dan bisa aplikasi ilmu menjalankan usaha bandeng duri lunak tanpa khawatir tugas-tugas kantor. 

ALLAH MAHA BAIK. 

Alhamdulillah... Alhamdulillah... Alhamdulillah



Comments

Popular Posts