Plot Twist, Kejutan dalam Cerita

Plot Twist adalah perubahan mendadak atau tajam dari arah plot atau cerita. Plot twist digunakan pada novel, film, komik, video game, dan serial televisi. Biasanya twist ditujukan untuk menjaga ketertarikan pembaca dengan mengungkapkan sesuatu yang tidak pembaca sangka. Peletakkannya bisa di tengah cerita, atau di akhir cerita (ending). 




Semua Tidak Seperti yang Kita Pikirkan

Ternyata plot twist ini ada berbagai macam. Secara umum ada 5 plot twist, berikut ringkasannya berdasarkan sumber blog.nulisbuku.com :
1. Pengungkapan (Anagnorisis)
Teknik ini memberi pembaca informasi baru untuk menciptakan ketegangan dan menimbulkan pertanyaan. Misalnya pengungkapan karakter lain bahwa dia adalah ayahnya, musuh, atau pengkhianat. 
2. Unreliable narrator
Kenyataannya keterangan dari narator tidak bisa diandalkan. Ia memanipulasi cerita dengan memberi informasi menyesatkan kepada pembaca. Keuntungannya adalah pembaca terus menebak-nebak, dan tidak berhenti membaca. 
3. Deus ex Machina
Twist berupa kemunculan karakter, event, kemampuan, atau alat baru untuk menyelesaikan masalah yang tampaknya tidak bisa dipecahkan secara tiba-tiba, dan tidak disangka-sangka. Macamnya kayak alat baru dari kantong ajaibnya doraemon yaa :D
4. Chekhov's gun
Karakter yang semula terlihat tidak berguna, ternyata memegang peranan yang sangat penting. Kadang 'chekhov's gun' ini tidak muncul lagi atau tidak ketahuan manfaatnya sampai nanti ketika tiba di bagian yang berpengaruh.
5. Non-linear narrative
Pada plot twist ini, karakter dan plot diungkap secara tidak urut kronologi, sehingga pembaca harus menyatukan kepingan-kepingan cerita secara berurutan agar bisa mengerti. Twistnya muncul dari hasil potongan-potongan informasi yang ditahan hingga klimaks. 

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat twist:
1. Harus ditulis secara cerdas dan dipersiapkan dengan baik.
2. Samarkan twist tersebut, sehingga ketika terungkap semua akan masuk akal.
3. Fungsi twist harus membuat cerita terus bergerak maju.
4. Twist membuat rasa penasaran, dan menghasilkan situasi menarik bahkan jika pembaca atau bisa menebak twist-mu sebelum saatnya.
5. Jangan lupakan bagian cerita lainnya. Ingat, twist hanya bagian dari cerita. 

Semoga membantu ya sobat! Salam 


Comments

Popular Posts