Hari Pertama Kerja? Lakukan 7 Hal di Bawah Ini



Kesempatan telah datang. Hari ini waktumu bekerja sebagai karyawan. Menyiapkan hati, mental, dan fisik prima perlu dilakukan. Hadapkan wajahmu ke cermin. Wow, tampilanmu berbeda! :D

Hari pertama bekerja di kantor baru, meski kita bukan fresh graduate lagi tetap berasa deg-degan. Bisa dibilang ga enaknya sama dengan hari pertama sekolah. Harapanmu, hari ini bisa terlewati tanpa masalah. 

Ada beberapa cara mencegah kejadian tidak menyenangkan di hari pertamamu. Check it out Bro, Sis!
1. Datang tepat waktu
Ini sangat penting. Jam pertama lancar, Insya Allah suasana pun lebih tenang. Tidak terburu-buru, apalagi jika kamu masih bisa mengamati suasana kantor barumu. Berkeliling, dan melihat apa yang menyenangkan di sana.

2. Gunakan energi positif, dan antusias
Hari pertamamu bekerja, berarti kamu harus mempelajari pekerjaan yang baru dengan melihat cara kerja orang-orang di sekitarmu.Bertanya, jangan merasa bodoh jika kamu masih banyak belum tahu. Sabar juga yah, kalau ternyata mereka sibuk juga dengan pekerjaan mereka sendiri dan mengacuhkanmu.



3. Adaptasi
Adaptasi tidak hanya dengan suasana kantor, tapi juga mempelajari sifat-sifat kolegamu. Buka mata dan waspada.


4. Jaga etika
Pelajarilah sifat-sifat kolegamu. Baru hari pertama, masa udah buat masalah dengan rekan kerja? Gunakan bahasa yang sopan dalam percakapan. Semakin lama berinteraksi, dan mengenal kepribadian mereka dengan baik, ini akan membuatmu mudah menyesuaikan diri dalam pergaulan. Sesuaikan juga pakaian yang kita gunakan dengan budaya kantor (formal atau kasual). 

5. Jaga langkah
Ketika berinteraksi di lingkungan kerja yang baru, kurangi memberikan penilaian alias suudzhon. Bisa jadi di hari pertama, kamu mendegar kabar yang belum tentu benar. Dengar dahulu bagaimana lingkunganmu berkata, jangan terlalu banyak mengeluarkan suara/ pendapat. Pastikan dahulu kabar tersebut.

6. Tidak membicarakan aib perusahaan lama
Semua perusahaan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anonim berkata, menceritakan aib perusahaan sama dengan memberi tahu kelemahanmu sendiri. 

7. Perbaiki, tidak menghukum diri sendiri



Ketika kesalahan menghampirimu, jangan menghukum diri sendiri. Anggaplah ini pelajaran berharga. Berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengulanginya lagi. Kamu masih punya kesempatan salah di hari pertamamu. Entah besok-besok :D

Hari pertama kerja bisa jadi tidak sesuai ekspektasi. Tersenyumlah, dan bersyukur bahwa kamu masih punya hari bahagia, hari pertama kerja yang menyelamatkanmu dari pengangguran. Tetap semangat!



Comments

Popular Posts