Taman Tugu Muda, Oase di Tengah Kota



Kota Semarang dikenal dengan cuacanya yang panas.  Apalagi jika berkendara dengan motor.  Hmmm... Siap siap saja belang di tangan serta muka apabila tidak memakai sarung tangan dan masker.  Namun, di tengah panasnya Kota,  terdapat lokasi istimewa yang perlu  kawan-kawan kunjungi,  yaitu Taman Tugu Muda.



Tugu Muda terletak di sebuah bundaran,  tempat bertemunya jalan-jalan besar di Semarang, yaitu Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, Jalan Imam Bonjol, dan Jalan MGR. Soegijapranata (lebih sering disebut Jalan Siliwangi), serta sebuah jalan kecil yang berada di sebelah Pasar Bulu, yaitu Jalan HOS. Cokroaminoto. Objek wisata ini dilengkapi dengan taman,  air mancur,  dan juga lampu berwarna warni yang menyala ketika malam.  Tujuan Monumen Tugu Muda ini adalah memperingati perjuangan para pahlawan yang telah gugur pada Pertempuran Lima Hari di Semarang,  khususnya para pemuda yang gigih mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. 



Objek wisata ini bisa dikunjungi siapa saja gratis. Penulis sendiri lebih sering melewati Tugu Muda dalam perjalanan. Jadi,  jika kawan-kawan ingin bermain di Taman Tugu Muda haruslah berjalan kaki tanpa membawa kendaraan. Saran penulis bisa menggunakan Trans Semarang.  Alasan lainnya,  teman teman bisa bebas berjalan-jalan ke lokasi lainnya yaitu Kampung Pelangi,  Lawang Sewu, dan Museum Mandala Bakti. Tidak jauh dari sana juga terdapat Mall,  bioskop dan Toko Buku. Semuanya bisa dikunjungi dengan jalan kaki. 


Taman Tugu Muda didesain apik.  Air mancur yang mengelilingi Tugu Muda ibarat sumber air yang keluar dari sana.  Hijaunya rumput,  dan dedaunan pohon mempersegar mata memandang.  Hal ini ditambah dengan pemandangan Gedung Lawang Sewu bertema Eropa menjadi daya tarik untuk foto.  Jadi,  buat kawan-kawan yang suka selfie,  destinasi ini wajib dikunjungi!


Ada yang istimewa juga lho... Pemerintah Kota Semarang menyediakan keran air yang dapat langsung diminum macam di Kota Luar Negeri.  Sayangnya,  ketika kami coba,  keran tersebut sudah tidak berfungsi.  Semoga bisa segera diperbaiki ya! 
#CintaIndonesia #BanggaIndonesia


Comments

Popular Posts