MENJADI SEORANG MAHASISWA

Apa ya yang belum aku lakukan sebagai mahasiswa?

Gambar terkait

Bagi saya, seorang Mahasiswa adalah sebuah posisi di mana kamu bisa melakukan hal apa saja yang kamu mau. Dengan jadwal kuliah yang fleksibel, dan uang kiriman orang tua setiap bulan, kita bisa mengikuti kegiatan apapun yang kita suka.

Gambar terkait

Mahasiswa, sebuah posisi yang rentan juga karena jika belum mempunyai sebuah konsep diri yang baik, maka masa ini akan terlewat begitu saja tanpa makna. Kesempatan belajar yang terbuka lebar menjadi sia-sia. Banyak yang menyayangkan, karena tidak semua orang memiliki kesempatan menikmati bangku kuliah.

Dulu, seorang sarjana dikatakan sebagai seorang insinyur. Ia mendapat penghargaan dari orang-orang karena dianggap memiliki ilmu lebih dibandingkan mereka, dan diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah yang ada di sekitar mereka.

Menjadi seorang mahasiswa bagi banyak orang juga menaikkan kedudukan keluarga. Pendidikan itu mahal dan tidak semua orang tua mau berjuang untuk dapat memberikan hak anak-anaknya dalam mencari ilmu. Banyak faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan tersebut. Faktor yang paling banyak di antaranya adalah anggapan bahwa pendidikan itu tidak lebih penting dari mencari uang untuk hidup.

Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka tuntutan baginya pun semakin besar pula. Beban seorang lulusan SMA,  S1 dengan beban seorang S2, atau Profesor berbeda. Semakin tinggi pendidikan seseorang tuntutan pun semakin tinggi dalam memberikan ilmu lebih kepada masyarakat. Seorang dosen kini wajib mengajar, melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Sibuk sekali.

Pertanyaannya sekarang adalah, kamu mau memilih menjadi orang yang seperti apa? Lulus dari perguruan tinggi tidak menjadi jaminan bahwa kamu akan sukses. Masih banyak tangga yang harus dilewati untuk mencapai ke sana. Ketika kita memutuskan menjadi seorang akademisi pun, akan ada rintangan yang menjadi ujian.

Kelola setiap waktumu dengan baik. Biarkan ia digunakan untuk hal yang bermanfaat. Hadapi yang ada di depan mata. Selesaikan apa yang telah kau mulai. 

Hasil gambar untuk kelola waktu


Setiap kesulitan itu ada kemudahan. Maka, apabila telah selesai dalam mengerjakan sesuatu, tetapah bekerja keras untuk  tugas lain. (Al-Insyirah: 6-7).


Teruslah berharap agar apa-apa yang kita lakukan di dunia ini mendapat keridhoan Allah, sehingga kita dapat dimasukkan ke dalam Jannah-Nya dengan ampunan dan rahmat-Nya. 

Comments

Popular Posts