MENGHARGAI PROSES



Apa yang terjadi pada masa lalu akan berpengaruh pada kita hari ini. Mulai dengan bercerita~
Apa yang terjadi berulang-ulang sejak kecil sangat berpengaruh pada kehidupan hari ini. Bisa dibandingkan dengan latihan satu jam (pernah melakukan) dengan latihan 10.000 jam.
Menulis itu untuk mendengarkan perasaan diri saya sendiri. Sampai saat ini, biarkan tulisan itu menjadi diri saya. Apresiasi, uang, dan lain-lain itu tidak menjadi tujuan utama- dan juga bukan membuat orang lain terinspirasi.
Tulisan itu bertumbuh sesuai dengan kondisi penulisnya. Jika berhenti, maka kamu tidak akan menjadi penulis atau apapun yang kamu inginkan.

Menulis membutuhkan:
1. Pengalaman
2. Referensi
=>Baca buku di bawah tahun 70 sampai modern, baca semua genre, belajar membuat karakter
3. Imajinasi
=>Cara mendapatkan imajinasi bisa dengan jalan-jalan tanpa tujuan (sengaja tersesat), mengubah cara pandang, eksplorasi langsung.
4. Dikerjakan

Tulislah yang bermanfaat bagimu... bermanfaat bagi saya di kemudian hari.

Saya ngga peduli buku itu laku atau ngga. Saya tidak mengikuti pasar. Orientasi masuk penerbit itu berarti uang biasanya. Saya ingin buat kenang-kenangan.

Ide itu anugerah

Yang awalnya dosa pemikiran (karena hal yang ditulis tidak bermanfaat atau sesuatu yang tidak baik) jadi pahala pemikiran -> Butterfly effect

Hal-hal kecil mengantarkan saya menjadi pribadi hari ini

Yang penting, teman-teman mengambil peran dan bahagia."

-Oleh Kurniawan Gunadi, dalam Seminar Kepenulisan 'Spoken words fly away, written words stay forever'. 12 November 2016 Divisi Seni dan Budaya Masjid Kampus Undip

Mereka lebih senang dihancurkan oleh pujian, daripada diselamatkan oleh kritik

Norman K








Comments

Popular Posts