Jangkar12: Ospeknya Perikanan Undip Angkatan 2012





Menurutku, yang paling seru dari acara ospek perikanan Undip 2012 adalah pada saat kami Mabim (Malam Bimbingan) di  Pantai Kartini, tempat LPWP Perikanan Jepara.
Aku kebagian trip 1. kelompok 1-15. keberangkatan tanggal 12-13.
Pada saat sampai di sana-sebelum turun dari bus, mata kami ditutup memakai slayer. Ingin membuat kejutan mungkin. Kami di suruh memegang pundak teman di depan kami. Untung depanku Izah. Sementara belakangku cowok. Utung dia mengerti dan hanya memegang tasku, bukan pundak.

Kami sampai, langsung dimarahi. Checking alat, dresscode, penitipan hp dan alat-alat terlarang lainnya. aku pun kena hukuman karena memakai kerudung putih yang seharusnya berwarna hitam.
Setelah hukuman selesai, kami dapat materi hingga malam.

Pada saat malam hari, kami dibangunkan jam setengah dua. Siap dengan baju lapangan dan sampling. Saat itu kami dimarahi, dicaci, dimaki hingga berakhir tanpa ada solusi. Tanpa ending, tanpa hikmah yang bisa diambil jadinya, nonsense! Nggak mutu, nggak berkonsep walaupun bisa dibilang telah terjadi sandiwara.

Itu yang sangat disayangkan. Tanpa ending yang memuaskan, apalagi saat itu hujan turun dan panitia membubarkan kami.

Lupakanlah soal itu. kini akan kuceritakan tentang outbond saja.
Ada 6 Pos. Pos pertama Daging lumat. Di sini kami disuruh masuk ke comberan dan memegang substrat. Aiiih..... Baunya.... Dan substratnya berwarna hitam. Actually this is so disgusting! Bahkan temanku ada yang mendapat katak.

Pos kedua Senyuman mentari. Pos senior. Kami disuruh ke laut dan membersihkan diri.  Apa yang kutemukan di sana tambang emas lewawwaaaat. Hiiiii
Setelah itu kami dikerjai senior. Dan gigi kami diberi kopi. Hal yang wajib dilakukan di sini adalah SENYUM! Sumpah, pegel juga harus nyengir lama-lama...

Pos ketiga, Zonasi Dahaga. Pos MSP. Kami dapat materi tentang  bagaimana mengambil larva ikan. Setelah itu jalan bebek dan menyelam  di muara itu. kami pun dikasih masker juga dari substrat muara itu.

Pos keempat adalah Aftertaste. Pos THP yang paling asiik. Kami disuruh ke laut. Berbaring dan tengkurap mengikuti ombak. Rasanya? ASIK! Lalu kami makan ikan asin dan mencoba berbagai rasa gula. Dari yang buatan hingga asli. Sakarin berasa manis pait. Dan itulah yang disebut aftertaste. Yang kedua siklamat, dan yang ketiga gula asli. Setelah itu kami makan siang.

Pos kelima, Baringan semu. Ini pos PSP. Kami dapat materi tentang Gillnet. Setelah itu bermain di laut jugaa. Ini adalah pos terakhir kami karena waktu yang tidak memungkinkan untuk lanjut ke Pos BDP- Gubuk cerita-

Well semua akhirnya terlewati. Dan asiiiik inget aja kesenangannya dan hikmah yang bisa diambil. Toh aku bisa tau LPWP Kartini dan bisa merasakan lapangan. Karena untuk prodiku-THP-bakal jarang menemukan praktik lapangan seperti ini.
Alhamdulillah.

Comments

Popular Posts