Memanaje Uang Sampai Akhir Bulan

Sobat, mungkin suka bingung kalo akhir bulan datang. Sama seperti Mama, Papa/Ayah, Ibu/ Bapak, Emak yang kelimpungan uang menipis bahkan hampir nggak ada. Ini pasti sering terjadi ama anak kuliahan yang ngekost, anak pesantren, pokoknya yang tinggal di jauh dari orang tua, ya kan?

Solusinya?

Biasanya mungkin kita terpaksa nggak jajan sampai gajian tiba atau uang kiriman datang dari ortu. Sengsara? Pastinya…

Kalau kita sebagai anak sih gampang. Uang habis telepon ortu, dan uang dikirim. Lha kalo ortu yang uangnya habis, minta sama siapa? Ngutang?

Bersyukur buat kamu-kamu semua yang udah bias ngatur uang agar bertahan sampai akhir bulan. Kalau belum, berikut ini sedikit tips memanaje uang setelah kamu baru dapet gaji atau uang kiriman bulanan:
  1. Buat daftar kebutuhan kamu selama sebulan beserta anggaran dananya.
  2. Setelah itu beli barang yang dibutuhkan saja. Jika hanya keinginan, sebaiknya tinggalkan.
  3. Simpan setiap uang kembalian walaupun receh. Kalau bisa di celengin. Nah ngaku deh… kalau kamu orangnya suka nggak pedulian, dan ceroboh, pasti banyak uang kembalian terutama yang receh tergelak sembarangan. Bias buat ganjel lemari, kesapu, dan lain-lain. Mungkin dipikiran kalian “Ngapain nyimpen uang receh. Nggak guna. Mending kalau ribuan.”
Tapi jangan salah… kalau kita lagi nggak punya uang bisa di pakai kan? Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tukerin dulu lah ke ribuan biar nggak malu bawanya.
  1. Hindari tempat perbelanjaan. Apalagiii buat cewek. Biasanya jiwa cewek yang suka shopping ini akan keluar dan keinginan untuk beli bertambah. Apalagi yang harga diskon… Mantap deh!
Kalau terpaksa ke sana… siap-siap tahan ya...
  1. Diet beli makanan berlebih seperti snack.

Sampai di sini, ini sudah cukup membantu kalau di jalankan dengan baik. Tapi kalau belum tercapai tergetnya…
  1. Simpan uang di orang lain yang amanah dan kamu percaya.
  2. Tentukan uang per hari yang akan kamu ambil.
  3. Sediakan celengan untuk masa depan selain buat uang receh.
  4. Sering-sering membantu sesama dan infak. Karena sesungguhnya infak itu tidak membuat harta kita sedikit tapi justru bertambah. Entah kita akan dapat rezeki dari mana. Kalaupun belum dibalas di dunia, Allah akan memberinya di akhirat kelak yang pastinya jauh lebih bagus. OK!!

Selamat mencoba! Nanti kalau berhasil  bilang-bilang ya…

Comments

Popular Posts