Bekerja di NGO



NGO adalah singkatan dari Non Goverment Organization. Di Indonesia disebut dengan LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat, yang merupakan suatu organisasi atau kelompok, beraktifitas di luar struktur politik. Prinsip NGO adalah mementingkan orang lain dan bersifat sukarela.

Setelah wisuda aku memutuskan untuk tetap tinggal di Semarang selama beberapa waktu. Alasannya masih memiliki amanah yang belum selesai. Ketika kiriman orang tua sudah distop, uang pun menipis membuatku berpikir bagaimana aku bisa survive?

Alhamdulillah, di bulan kedua aku dipanggil menjadi admin di sebuah Bimbingan Belajar, dan juga menjadi guru privat. Kurang lebih dalam satu bulan apabila dijumlahkan sekitar 700-800 ribu rupiah per bulan. Hampir menyamai kiriman orang tua setiap bulan. Cukup untuk makan dan transport ke sana kemari.

Saat itu banyak membuat list rencana, what must to do setelah wisuda. Contohnya mencari referensi kuliah luar negeri, shortcourse, pendaftarannya, dan memutuskan untuk mendaftar LPDP. Aku juga masih konsultasi dengan dosen mengenai jurnal ilmiahku yang belum dipublikasikan.

Setelah tiga bulan, aku mendapat panggilan kerja di sebuah NGO Perikanan. Mereka memfokuskan pada pendidikan, penelitian, dan bisnis di bidang perikanan. Wah, ini kesempatan yang bagus pikirku.  Sesuai dengan jurusan, masih dekat kampus Undip, dan gaji UMR Semarang (saat itu 2 juta rupiah) membawaku setuju untuk bekerja di sana.

Apa yang kamu suka ketika bekerja di NGO tersebut?
1. Ketika mengerjakan majalah
2. Membuat surat
3. Menerima dan menjawab telepon
4. Sebulan sekali makan bersama staf dan Pak Bos
5. Pak Bos sesekali memberikan cemilan
6. Dapat makan siang setiap hari Jum'at
7. Ketika gajian
8. Mengasah bahasa Inggrisku (melayani customer/peserta konferensi dari luar negeri juga)
9. Menghubungkanku dengan stakeholder di bidang perikanan baik di Indonesia dan Internasional
10. Yang paling disyukuri adalah bekerja di sana menyelamatkanku dari pengangguran setelah lulus sarjana

Apa yang tidak kamu suka?
1. Adanya permintaan tolong (tugas) di luar kerjaan NGO.
2. Permintaan tugas di luar jam kerja mepet jam 5 sore atau pernah sebelum jam 8. Nah kalo sebelum jam 8 ada tugas,  mmm bikin sensi seharian. hehe

Alaa kulli haal alhamdulillah ~

#ceritazulfa #kerja

Comments

Popular Posts