MOTIVASI BEKERJA



Saban hari bekerja dengan rutinitas yang sama, berangkat pagi pulang sore. Kemudian istirahat, esoknya rutinitas berulang. Jenuh? Tentu saja akan kita rasakan, terutama pekerjaan yang menuntut disiplin, teratur, teliti, dan cekatan seperti karyawan pabrik, teller bank, dan kasir. Beberapa pekerjaan menemui hal baru dan tantangan baru setiap harinya.
  • Dokter~ Pasien dan penyakit yang berbeda
  • Guru dengan murid yang berbeda
  • Wartawan harus menemui banyak orang dan mencari berita beru
  • Traveller dengan eksplorasi alamnya dan tidak boleh takut dengan dirinya sendiri.
  • Presenter~ komunikasi yang ciamik membawa pendengar dan peserta di forum hanyut sesuai instruksinya
  • Artist dengan kesenian dan karya yang mereka miliki. kreativitas tiada batas!
  • Peneliti karena mereka yang menciptakan dan membuat rutinitas sendiri. Tingkat stressnya tinggi apalagi yang kerja di dalam lab.


Bekerja dan kuliah adalah hal yang berbeda, meskipun keduanya tak bisa lepas dari tanggung jawab dan komitmen. Bertemu dengan rutinitas yang sama membuat jenuh. Kita pun harus pintar mencari motivasi agar kita bertahan.

Kalian bisa abaikan tips di bawah ini kalau kalian merasa aku belum cukup pengalaman untuk ngasih ceramah tentang bertahan di pekerjaan kalian. Secara aku juga baru merasakan dunia kerja. Jadi please comment kalo kalian punya cara yang lebih baik lagi ^^
  1. Buat jadwal sehari-hari. Inget ketika sekolah dengan pelajaran yang berbeda setiap hari dan jamnya. Salah satunya untuk mencegah kebosanan guru dan juga murid. Kita melakukannya bertahun-tahun! Belajar terus men~
  2. Motivasi mencari duit diubah menjadi ibadah
  3. Mengerjakan amanah lain dengan aktif di komunitas atau organisasi
  4. Menjadi produktif dengan mengerjakan hobimu. Siapa tau bisa jadi nilai plus plus yeah.  Ayah pernah berkata: “Meskipun kamu sudah bekerja di sana, kamu bisa lebih produktif dengan mengerjakan hal lain yang bermanfaat dan bernilai.
  5. Mendengar cerita orang lain tentang pekerjaan mereka. Ini bisa menjadi inspirasi apabila pekerjaan mereka ternyata lebih baik dari kita. Ini juga sarana bersyukur bahwa pekerjaan kita ternyata lebih baik dibandingkan yang lain. Jadi peka melihat sekeliling. Ya tukang sampah, tukang sapu jalan, pemulung, pedagang, polisi, tukang parkir,  dan berbagai macam profesi di sekitar kita dan sangat mungkin itu membantumu hidup! Jadi, pekerjaanmu dinikmati dan disyukuri.


Semua orang dengan pekerjaannya mempunyai masa sulit dan menyenangkan. Toh kita hidup di dunia ini juga sementara. Apa sih yang dicari di dunia ini kalo bukan untuk mendapatkan bekal di akhirat nanti?
Ya, semua muslim harus kaya sehingga bisa memberikan kemanfaatan yang lebih luas. Maksimalkan kemampuanmu, dan jadilah produktif.  

Sebagai penutup aku selipin ayat Al-Qur’an ya biar jadi sejuk semriwing~~
Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia, dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang bebuat kerusakan.

Al-Qasas: 77

Semoga harimu lebih semangat ya~ Salam sukses!

Comments

Popular Posts