Jenis-jenis Hutan

Hutan terbagi menjadi hutan alam dan hutan buatan (antropogen) yang biasanya dibuat dengan tujuan cadangan air dan budidaya.

Jika dikategorikan berdasarkan umur terdiri dari:

1. Hutan primer, yaitu hutan lebat pohon besar

2. Hutan sekunder, yaitu hutan yang umur pohonnya lebih muda dan banyak semak belukar.

Ada juga jenis lain seperti:

1. Hutan hujan dipterokarp dataran rendah. Hutan ini biasa dijadikan syuting di film-film, hutan belantara lebat yang didominasi oleh dipterocarpaceace dan leguminosae. Tapi sayangnya jenis hutan ini sudah menipis dan menjadi agak jarang. Bahkan komunitasnya di Jawa hanya sedikit sekarang.

Hutan hujan dataran rendah
...


2. Hutan dipterokarp perbukitan. Hutan ini sukar dilalui tapi mempunyai keanekaragaman tumbuhan dan satwa terutama burung.
Gunung Lawu

3. Hutan hujan tropis pegunungan bawah (submontan). Hutan yang berada pada ketinggian 1000-1200 m dpl (di atas permukaan laut) ini didominasi oleh pohon costanopis, quercus. Biasanya beriklim sedang.

Hutan hujan tropis
4. Hutan hujan tropis pegunungan atas (montan). Biasanya terdapat pada puncak-puncak gunung tetapi pada garis tumbuh pohon. Contoh: edelweiss (wah, bunga abadi nie…sering diincar oleh pendaki sebagai oleh-oleh) , tumbuhan epifit seperti anggrek, dan lumut kerak.


Jenis hutan berlahan basah

Diantaranya adalah hutan rawa, hutan bakau atau payau, muara sungai atau estuary, goba (danau dangkal di pantai atau pulau karang yang dibentuk oleh karang dan pasir), dan terakhir danau.


sumber: Deni Yudiawan, Panduan Praktis Berpetualang di Alam Bebas
(dengan pengubahan seperlunya)

Comments

Popular Posts