Ini Dua Alasan Resign Kerja, Tidak Perlu Pikir Dua Kali



Dunia kerja tidak sederhana ketika berada di luar perusahaan atau organisasi tersebut. Awalnya kalian berlomba-lomba masuk, kemudian ketika sudah diterima... VOILA! Welcome to the jungle!

Ketika hatimu udah menggedor-gedor dirimu untuk resign dari pekerjaan, coba perlahan tarik mundur segala pengorbananmu untuk mencapai tahap sekarang. 

Ada 2 alasan ketika kamu mengalaminya, tidak perlu berpikir dua kali untuk keluar. 

Apa saja?
1. Adanya perbedaan value antara karyawan dan organisasi/perusahaan. 
Perbedaan value atau nilai ini misalnya terkait jam kantor, agama, dan integritas. Mari kita buat lebih spesifik. 
-Jam kantor perusahaan menyita banyak waktumu di kantor, sedangkan kewajibanmu tidak hanya di sana.
-Jika perusahaan tidak memperbolehkan istirahat untuk ibadah, atau memakai hijab bagi muslimah, Ini merupakan perbedaan value yang tidak bisa diganggu gugat. 
-Terkait integritas, misalnya kamu mengetahui bahwa perusahaanmu untuk mencapai tujuan, lebih banyak menggunakan jalan belakang. Bisa saja KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme), dengan perekrutan karyawan dengan koneksi, memenangkan tender penjualan milik keluarga, adanya suap menyuap di antara kolega. Tentu hal ini membuatmu tidak nyaman.


2. Tidak adanya misi dan tujuan
Hal ini mencakup jenjang karir. Perusahaanmu adalah perusahaan keluarga? Jangan harap kamu bisa mencapai posisi direktur atau bahkan manajer dengan mudah. Jika itu perusahaan keluarga, biasanya karyawan yang direkrut tidak jauh dari keluarga mereka sendiri untuk posisi lebih tinggi. 
Apalagi jika perusahaan atau organisasimu tidak ada jenjang karir, lebih dari tiga tahun di sana sebaiknya keluar. 

Namun, jika alasanmu karena jenuh, atau banyak melakukan kesalahan, satu dua kali, maka bertahanlah dan perbaiki. Jika banyak, kamu harus belajar lebih giat dan hati-hati lagi. Tidak mudah menyerah. Dunia kerja, memang dunia orang dewasa berbeda dari mahasiswa. Mahasiswa masih belajar, kalau salah tidak apa-apa. Kalau kamu sudah bekerja, salah, ya harus bertanggung jawab dan perbaiki.

Cari hal menyenangkan yang bisa kamu dapat dari pekerjaanmu sekarang. Yihuuuy! Selamat bertumbuh dan berkembang young adult :D

Coba dengerin Dewi Ashuro, dari Rising Star Partner nih.




Comments

Popular Posts