Trans Semarang, Kendaraan Publik Kota yang Oke

Tinggal di Ibu Kota Jawa Tengah bisa dibilang beruntung.  Kamu bisa menikmati fasilitas pelayanan umum lebih baik dibandingkan yang ada di Desa.  Masa?

Sepi penumpang
Ramai penumpang


Kali ini kita bahas dari sisi transportasi.  Di Kota Semarang ada berbagai jenis angkutan umum yang sering dijumpai yaitu angkot,  ojek,  kereta api,  taksi, bus,  dan berbagai jenis angkutan online. Salah satu yang menjadi favorit penulis berkendara dan jalan jalan Kota Semarang adalah BRT (Bus Rapid Transit)  Trans Semarang.

Kenapa? Trans Semarang dilengkapi dengan AC,  full musik,  dan harga tiket terjangkau!  Apalagi buat kamu yang masih mahasiswa dan anak sekolah bisa bayar tiket Rp 1.000,00 setiap hari aktif Senin-Sabtu.  Khusus hari Minggu dan tanggal merah bayar harga umum yaitu Rp 3.500,00. Harga tersebut untuk jarak jauh maupun dekat. Ada lagi yang penulis suka karena ada spesialisasi tempat duduk bagi wanita (sebelah kanan pintu)  dan laki-laki (sebelah kiri pintu). 

Masing-masing koridor mempunyai kapasitas penumpang yang berbeda karena disesuaikan dengan jarak perjalanan dan kebutuhan penumpang. Biasanya kursi untuk wanita disediakan lebih banyak dibandingkan dengan kursi laki-laki. Kapasitas untuk jurusan Undip-Unnes sendiri yang paling sering penulis naiki memiliki kapasitas penumpang 43 orang termasuk supir dan yang berdiri. 

Jadi,  bagi kamu yang baru ke Kota Semarang dan ingin berwisata, tidak perlu khawatir masalah transportasi. Halte BRT tersedia di tempat-tempat publik yang sering dikunjungi masyarakat.  Kamu juga tidak perlu khawatir tempat parkir untuk kendaraanmu :)





Comments

Popular Posts