Kecewa

"Kamu akan kecewa jika berharap pada manusia."
Dasairy Zulfa, 30 September 2016

Ketika berinteraksi dengan orang lain,  tak dapat dipungkiri ada hal-hal istimewa yang kita dapat, bahkan hal-hal yang mengecewakan.
Manusia makhluk yang lemah. Ia juga hidup di dalam ketidakpastian. Ada kalanya ia lupa, atau keadaan yang berubah menjadi sulit sehingga membatalkan janji. Kemauan yang berbeda antar masing-masing individu, atau bahkan ada maksud yang sulit tersampaikan. Harapan yang tinggi kepada manusia lah sehingga timbul rasa kecewa ketika harapan itu tidak terwujud.



Contoh kasus pertama.
Orang yang pacaran. Salah satunya berusaha memberikan yang terbaik, sementara pasangannya ternyata bersikap biasa saja dan tidak memberikan apa yang ia harapkan. Kecewa.

Contoh kasus kedua.
Sahabat atau teman. Sayang pada teman atau sahabat dengan memberikan hadiah, perhatian, menjenguk ketika dia sakit. Tapi sahabat tersebut tidak memberikan hal yang sama kepadanya. Kecewa.

Contoh kasus ketiga.
Seorang ibu yang memeluk anaknya ketika mati lampu. apakah ketika sang anak besar, ia akan memeluk ibunya ketika mati lampu? tidak, jika ia sudah punya anak. ia akan bersikap seperti ibunya dahulu, yaitu memeluk anak-anaknya, bukan ibunya.

Banyak hal mengecewakan ketika kita berharap pada manusia, karena mereka tidak bisa selalu memberikan hal-hal yang kita inginkan. Siapakah yang lebih baik dijadikan tempat berharap selain Allah yang Maha Memiliki dan Mengabulkan doa?

Luruskan kembali hati-hati kita. Mohonlah agar kasih sayang dan kebaikan yang kita miliki  untuk orang lain menjadi hal yang bernilai dan bermanfaat di mata Allah. Amin.

Comments

Popular Posts