Keajaiban Asinan, Makanan Tradisonal Indonesia


Add caption


Asinan yang ada di Indonesia antara lain asinan Betawi, asinan Banten, dan tentu saja yang paling terkenal asinan Bogor. Tahukah kawan, salah satu olahan makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan mentah ini ternyata dapat menangkal kanker dan hipertensi. Selain itu, asinan juga dapat membuat seseorang awet muda dan bebas osteoporosis. Percaya?


   Seperti yang ditulis oleh Prof. DR. Made Astawan seorang Ahli Teknologi Pangan dan Gizi, makanan berasa asam-pedas-manis ini merupakan hidangan sehat yang kaya antimikroba dan antioksidan. Kenapa? Tentu saja karena cuka dan cabai yang digunakan sebagai bumbu pada asinan mempunyai sifat antimikro
 ba yang kuat. Hal ini menyebabkan potensi kandungan bakteri nya lebih rendah dibandingkan lalapan dan salad.

Sementara likopen pada buah...
  dan sayur berwarna merah mengandung zat antioksidan tinggi. Zat ini mampu melawan radikal bebas akibat polusi dan radiasi sinar UV. Maka dari itu, pakar kecantikan menganjurkan untuk mengkonsumsi likopen agar awet muda. Selain itu, zat ini juga bermanfaat mencegah penyakit kanker, menurunkan kolesterol darah, dan mencegah osteoporosis. Bengkuang yang mengandung fitoestrogen diperlukan kaum perempuan untuk mempertahankan kualitas hidup di usia tua agar fisik tetap fit dan tulang tetap kuat.

Asinan yang dari salah satu bahannya berwarna jingga seperti wortel, mengandung sumber karoten yang sangat baik. Menurut peneliti di National Cancer Institute, selain baik untuk mata, makanan yang kaya betakaroten juga baik untuk pencegahan penyakit kanker. Betakaroten mempunyai kemampuan sebagai antioksidan yang berperan penting untuk menstabilkan radikal berinti karbon, sehingga mengurangi risiko terjadinya kanker.

Manfaat lain dari asinan adalah pembersih dalam tubuh, pembentuk sel darah, pengatur keseimbangan asam basa tubuh, peningkat daya tahan, serta sebagai pengganti sel yang rusak. Manfaat ini diambil dari buah dan sayuran berwarna hijau yang mengandung klorofil.

Banyaknya kandungan kalium yang bermanfaat mengendalikan tekanan darah dan membersihkan karbondioksida di dalam darah, dapat diambil manfaatnya dari warna kuning pada buah dan sayur. Ada lagi, kalium juga bermanfaat memicu kerja otot dan simpul saraf serta memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu keseimbangan cairan tubuh. Pokoknya kalau kalian mengonsumsi buah yang kaya kalium dapat membuat tubuh jadi segar. Waw!

Sayur dan buah berwarna ungu kaya akan antosianin, yaitu sumber antioksidan yang sangat baik. Antosianin juga membantu mata agar dapat melihat baik di matam hari dan mencegah diabetes. Penelitian menunjukkan antosianin baik untuk menjaga kesehatan otak. Ini penting, apalagi buat pelajar kayak kita yang memang butuh fitnya kesehatan otak agar mudah memahami pelajaran sekolah.

Kini kalian sudah mengetahui keajaiban dari makanan khas tradisional Indonesia ini. Jadi tidak salah jika peneliti yang terdiri dari dokter dan ilmuwan menyebutnya sebagai makanan fungsional, yaitu makanan yang tidak hanya memiliki zat gizi, tetapi juga mencegah dan melindungi tubuh dari penyakit. Wah kalau kayak gini Indonesia nggak kalah deh dari negara lain yang punya salad dan kimchi dari Korea. Bangga dong jadi orang Indonesia.

Comments

Popular Posts